Pengertian dan Penerapan Strategi Pemasaran 4P – Strategi dalam berbisnis sangat diperlukan baik untuk pebisnis baru maupun pebisnis lama. Tujuan utamanya adalah untuk menjalankan bisnis agar mendapatkan hasil yang baik dan memuaskan konsumen yang membeli produk tersebut. Strategi pemasaran memiliki cakupan yang luas, kali ini kami akan mengulas mengenai strategi pemasaran 4P yang merupakan strategi dengan elemen utama.

Pengertian Strategi Pemasaran 4P

Marketing mix merupakan kumpulan variabel pemasaran yang dikendalikan oleh perusahaan untuk memperoleh target market yang diinginkan. Marketing mix ini juga sering disebut dengan serangkaian tindakan strategi yang digunakan untuk mempromosikan produk. Pertama kali konsep marketing diperkenalkan oleh Neil Borden pada pertengahan abad ke- 20.

Konsep pemasaran pertama diperkenalkan adalah strategi pemasaran 4P. Kumpulan menjadi konsep dasar patokan bagi pebisnis agar konsumen tertarik untuk membeli produk-produk yang ditawarkan. Strategi pemasaran 4P terdiri dari 4 elemen yaitu product, price, place dan promotion.

Konsep Strategi Pemasaran 4P

Sesuai dengan namanya, strategi pemasaran 4P memiliki 4 konsep utama yang dipergunakan, yaitu:

1. Product
Produk adalah sesuatu yang dapat dijual perusahaan dalam berbisnis bisa berupa jasa, layanan maupun barang-barang. Saat kamu memulai mengembangkan produk, pastikan terlebih dahulu apakah produk tersebut diinginkan atau dibutuhkan oleh pasar. Riset tersebut penting untuk jangka panjang karena hal utama yang diperjualkan dalam bisnis dan tujuannya adalah memperjualkan produk.

Ada beberapa faktor penting dalam mempertimbangkan produk seperti kualitasnya, merek atau logo, perbedaan dengan kompetitor, pengemasan yang unik, fitur dan variasi produk. Produk juga tidak hanya berbentuk wujud, kamu juga dapat menjalin produk dengan organisasi, ide maupun layanan.

2. Price
Konsep selanjutnya adalah harga. Harga merupakan biaya yang harus dikeluarkan setiap perusahaan untuk mencapai target konsumen membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan. Kamu dapat riset terlebih dahulu karena harga mempengaruhi penjualan produk, saat produk memiliki harga yang rendah maka produk tersebut digunakan oleh banyak konsumen begitupun sebaliknya jika produk dengan harga tinggi maka akan menarik beberapa konsumen yang eksklusivitas.

Konsep harga ini harus diperhatikan sebelum memperkenalkan produk karena menjadi pokok penentuan keuntungan dan rugi dari produk. Oleh karena itu, harga yang ditetapkan harus lebih tinggi dari biaya modal produksi. Untuk menetapkan harga, sebaiknya kamu mempertimbangkan beberapa hal seperti nilai produknya, perbandingan dengan kompetitor, keuntungan dan promo.

3. Place
Tempat lebih mengacu pada lokasi tempat konsumen menemukan dan mengakses produk tersebut. Tempat ini dapat berbentuk offline maupun online. Tempat berbentuk fisik seperti toko, pabrik maupun gudang sedangkan tempat berbentuk online bisa disediakan dalam bentuk digital media sosial, website resmi maupun marketplace seperti Shopee, Tokopedia dan Lazada. Kamu harus pintar memastikan dan survei terhadap potensi konsumen yang akan membeli produk.

Ada beberapa faktor penting untuk mempertimbangkan tempat dalam strategi marketing yaitu jenis tempatnya, saluran distribusi online maupun offline, logistic, penanganan produk dan perbandingan dengan kompetitor.

4. Promotion
Setelah membahas produk, harga dan tempat, selanjutnya adalah menerapkan promosi. Promosi merupakan cara untuk memperkenalkan produk kamu agar mendapat jangkauan target market yang lebih luas dan meningkatkan penghasilan. Promosi dapat dilakukan dalam banyak bentuk seperti menggunakan brosur, iklan TV, mengundang artis untuk menjadi brand ambassador ataupun promosi lainnya.

Sebelum memulai promosi, ada baiknya kamu mempertimbangkan beberapa hal yang harus diperhatikan seperti media promosi yang digunakan, waktu melaksanakan promosi dan mempelajari daya saing dengan kompetitor saat melakukan promosi.

Pengertian dan Penerapan Strategi Pemasaran 4P

Contoh Perusahaan dengan Penerapan Strategi Marketing 4P

Ada banyak contoh dalam penerapan strategi marketing 4P salah satunya adalah produk makanan. Masyarakat cenderung tertarik untuk membeli produk makanan yang unik. Misalnya, perusahaan X baru merintis dengan fokus dalam memproduksi minuman kekinian yang segar. Karena baru terbentuk, perusahaan X memperkenalkan produk agar banyak diketahui khalayak umum.

Dalam hal itu, perusahaan X menerapkan strategi marketing 4P. perusahaan sudah memiliki produk yaitu minuman kekinian yang segar, selanjutnya perusahaan juga sudah melakukan survei dan penghitungan untuk harga setiap satuan produk. Tempat penjualan produk sangat fleksibel dengan membuka gerai di berbagai daerah, selain gerai Perusahaan X juga membuka marketplace untuk memudahkan konsumen mendapatkan produknya.

Selain itu, perusahaan X juga melakukan promo dan diskon untuk peningkatan penjualan minuman kekinian segar dengan promo setiap akhir bulan atau setiap tanggal cantik agar menarik minat masyarakat. Contoh lainnya seperti perusahaan terkenal Burger King.

4P pertama yaitu produk yang ditawarkan sangat beraneka ragam dari ayam goreng, burger, dan berbagai minuman. 4P kedua yaitu harga memiliki strategi harga yang unik dengan bundle harga paket lebih murah dibandingkan dengan harga satuan. 4P ketiga yaitu tempat yang dipakai untuk penjualan seperti di restoran, kios di dalam mall, ataupun mobile app resmi.

Sedangkan 4P keempat adalah promosi dapat dilakukan melalui media sosial ataupun promosi penjualan dengan mengedepankan promo dan diskon pembelian produk.

Manfaat Strategi Pemasaran 4P

Strategi pemasaran 4P memiliki banyak manfaat dalam penerapannya. Usaha pebisnis akan berjalan dengan baik serta konsumen semakin banyak tertarik. Berikut beberapa manfaatnya yaitu:

• Jika strategi pemasaran 4P dapat dimanfaatkan dengan baik maka kamu mampu menciptakan sinergi yang positif.
• Dapat meningkatkan volume penjualan produk-produk kamu.
• Strategi pemasaran 4P dapat membantu mengetahui tingkat kepuasan pelanggan setelah membeli produk.
• Strategi pemasaran 4P membantu perencanaan dan pelaksanaan produksi semakin tepat dengan arah yang jelas.
• Produk kamu dapat dikenal lebih luas dengan peningkatan promosi pemasaran.

Nah, itulah penjelasan mengenai strategi pemasaran 4P, semoga artikel ini dapat membantu kamu mengetahui strategi pemasaran 4P agar dalam pelaksanaan dapat berjalan dengan baik sehingga produk semakin laris dan dikenal luas masyarakat.